A. Visi Madrasah
Diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia ( Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003) . Dan visi misi Kementerian Agama Republik Indonesia ( PMA Nomor 18 Tahun 2020). Visi MAN 2 Magetan adalah :Terwujudnya peserta didik yang beradab, cakap dan bertanggung jawab dalam menghadapi era baru.
B. Misi Madrasah
Misi MAN 2 Magetan ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi MAN 2 Magetan dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi MAN 2 Magetan tersebut yaitu susila, cakap dan bertanggung jawab. Misi MAN 2 Magetan adalah sebagai berikut:
- Membentuk kebiasaan tertib beribadah, berbudi bahasa yang baik, dan berlaku sopan.
Representasi:
- Visi “beradab“
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia“
2. Mengembangkan rasa peduli, nasionalisme, dan bangga dengan budaya lokal.
Representasi:
- Visi “beradab dan bertanggung jawab“
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Berkebhinekaan global dan bergotong royong“
3. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi minat dan bakat perserta didik.
Representasi:
- Visi “cakap“
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif dan Mandiri“
4. Membekali peserta didik dengan pengalaman lintas budaya nasional maupun internasional untuk menghadapi era baru.
Representasi:
- Visi “cakap“
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Berkebhinekaan global dan Bernalar kritis“
5. Membekali peserta didik dengan keterampilan dalam menghadapi era baru.
Representasi:
- Visi “cakap“
- Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri dan Kreatif“
C. Tujuan Madrasah
Tujuan akhir yang diharapkan oleh MAN 2 Magetan dalam pelaksanaan program-program madrasah untuk mewujudkan misi madrasah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.
Tujuan Jangka Panjang
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
- Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik/vokasi/kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang dapat dimanfaatkan dalam menghadapi era baru.
Tujuan Jangka Menengah
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
- Membekali peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan bernalar kritis.
- Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
Tujuan Jangka Pendek
- Pembentukan karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
- Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
- Melaksanakan penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
- Mendorong pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
2. Pembekalan peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan bernalar kritis.
- Mengintegrasikan project based learning pada pembelajaran.
- Melaksanakan proses penilaian yang mengandung minimal 25% soal bertipe HOTS.
- Membekali peserta didik mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan dengan benar.
3. Pengembangan keterampilan sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
- Mendorong peserta didik memilih kelas peminatan berdasar bakat dan minatnya.
- Mengikutsertakan peserta didik pada satu keterampilan pilihan sesuai bakat dan minatnya.
- Mengikutsertakan peserta didik pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya.